Belanja untuk Rekrutmen Online Lebihi Rekrutmen Tradisional

Perusahaan-perusahaan mulai membelanjakan biaya yang lebih besar untuk merekrut secara online dibandingkan cara rekrutmen tradisional dengan beriklan di media cetak. Demikian hasil survei terbaru di Amerika, seperti dilaporkan Biz Report.

Menurut survei itu, total belanja untuk rekrutmen online sebesar 5,9 juta dolar AS dibandingkan dengan hanya 5,4 juta dolar AS untuk belanja iklan cetak. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Borrell Associates itu juga menyebutkan, “Proyeksi kami hingga tahun 2011, akan sulit bagi institusi yang mengandalkan pemasukan dari iklan lowongan kerja yang tradisional. Yang akan berkembang adalah media online dan agensi rekrutmen.”

Perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah diperkirakan akan menjadi pemakai terbesar jasa rekrutmen online, menyumbang terhadap total belanja iklan lowongan online yang diperkirakan mencapai 10 milyar dolar AS pada 2011. Angka itu sama dengan 13% dari total biaya iklan lowongan kerja. Sedangkan surat kabar cetak diperkirakan mendapat jatah 6,5%. Cara lain untuk rekrutmen adalah melalui situs web regional.

Tags: