Banyak Senyum di Tempat Kerja Ganggu Kesehatan

Anda termasuk orang yang murah-senyum? Atau, profesi Anda menuntut Anda untuk banyak tersenyum? Mulai sekarang, berhati-hatilah. Sebuah penelitian mengungkapkan, terlalu banyak tersenyum di tempat kerja bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Jerman menemukan bahwa “mengumbar” senyum di tengah-tengah aktivitas bekerja cenderung membuat orang lebih mudah jatuh sakit.
Mereka mengatakan, “para profesional yang murah-senyum”, seperti pramugari, tenaga penjualan, operator call centre, pramusaji dan profesi lain yang berhubungan dengan (pelayanan) publik untuk jangka waktu lama, memiliki risiko gangguan kesehatan.

Profesor Dieter Zapf, ahli psikologi emosi manusia yang telah memimpin penelitian tersebut selama 2 tahun mengatakan, banyak tersenyum yang mengungkapkan perasaan keakraban tersebut bisa memicu depresi, stres dan menurunnya sistem kekebalan.

Gangguan-gangguan tersebut, pada gilirannya, bisa menyebabkan penyakit yang serius, seperti tekanan darah tinggi serta masalah-masalah lain yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. “Ketika seseorang dituntut untuk menekan perasaan-perasaan tertentu, maka ada konsekuensi-konsekuensi negatif yang muncul terhadap kesehatan,” simpul Zapf.

Tags: