Banyak Perusahaan Gagal Kembangkan Kepemimpinan

Dalam satu dekade terakhir, usaha berbagai perusahaan dalam melahirkan pemimpin-pemimpin baru berakhir mengecewakan. Menurut laporan hasil sebuah survai baru, program-program pengembangan kepemimpinan di banyak perusahaan telah gagal alias tidak menghasilkan apa-apa.
Laporan bertajuk The Global Leadership Forecast 2008/2009, yang dirilis oleh perusahaan konsultan kepemimpinan bisnis DDI dan Chartered Institute of Personnel and Development mengungkapkan, dalam 8 tahun terakhir, usaha untuk mengembangkan kepemimpinan dalam bisnis telah gagal memberikan hasil yang diharapkan.
Hanya dua dari 5 (41%) pemimpin yang mengatakan, mereka puas dengan kesempatan yang ada untuk pengembangan. VP DDI untuk wilayah Eropa Steve Newhall mengaku terkejut dengan temuan survei yang dilakukan di Inggris tersebut.
“Tidak ada kemajuan yang berarti,” kata dia. Newhall percaya bahwa masalahnya terletak pada pucuk-puucuk pimpinan dalam divisi-divisi perusahaan.
“Masih terdapat kesenjangan antara apa yang dikatakan oleh para pemimpin senior dengan apa yang mereka lakukan. Mereka selalu menegaskan pentingnya kepemimpinan namun pada kenyataannya tidak mengalokasikan waktu, dana dan komitmen mereka untuk merealisasikannya dalam agenda yang jelas,” ujar dia.
“Organisasi yang menunjukkan kemajuan dalam hal ini adalah mereka yang melakukan sesuatu yang berbeda dari yang lain, dan tidak heran bahwa yang terpenting dalam hal ini adalah memiliki komitmen yang cerdas dari pucuk-pucuk pimpinan organisasi,” tambah Newhall.
Separo dario direktur HR yang disurvei mengaku memiliki proses untuk mengidentifikasi orang-orang yang berpotensi tinggi. Namun, hanya dua dari 5 yang memiliki program untuk mengkapitalisasikan proses itu ke dalam hasil akhir.
Survei juga menemukan bahwa tiga prioritas utama para eksekutif bisnis adalah pertumbuhan, meningkatkan hubungan dengan konsumen dan meningkatkan kemampuan talent. Sementara, aspek akuntabilitas jajaran manajemen senior berada dalam urutan bawah dalam program-program pengembangan kepemimpinan.

Tags: