Banyak Karyawan Tak Baca Kontrak

Kebanyakan karyawan ternyata tidak membaca kontrak perjanjian kerja dengan baik dan teliti. Bahkan, satu dari 20 orang tidak membaca kontrak dengan perusahaan sama sekali. Demikian hasil sebuah survei baru.
Lembaga bernama Legal Service di Inggris menemukan, 26% karyawan hanya “membaca sekilas” kontrak mereka. Sedangkan 6% lainnya mengaku tidak membaca sama sekali. Hal ini disayangkan karena bisa menempatkan karyawan dalam risiko perlakukan yang tidak adil.
Survei yang dilakukan atas 4000 orang itu juga menemukan bahwa hanya tiga dari 10 karyawan yang menerima surat kontrak mereka sebelum hari pertama masuk kerja. Dan, 9% lainnya belum menerima kontrak itu sampai 6 bulan atau lebih.
Yang lebih memprihatinkan lagi adalah fakta bahwa 12% karyawan tidak memiliki surat kontrak perjanjian kerja sama sekali dengan perusahaan.
Direktur Legal Service Peter Vicary-Smith mengatakan, “Penelitian kami menunjukkan bahwa banyak orang tidak meluangkan waktu untuk membaca kontrak kerja mereka dengan teliti, dan itu artinya mereka tidak tahu apa yang mereka tanda tangani dan bisa berada dalam masalah di kemudian hari.”
“Sempatkan selalu untuk membaca surat kontrak kerja Anda sebelum melakukan tanda tangan,” saran Vicary-Smith. “Telitilah butir demi butir perjanjian, seperti soal gaji, cuti, prosuder pengunduran diri sesuai kesepakatan dengan pihak perusahaan saat wawancara,” tambah dia.

Tags: