Banyak BUMN Belum Terapkan PKB yang Ideal

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyatakan, sebagian besar badan usaha milik negara (BUMN) belum menerapkan perjanjian kerja bersama atau PKB antara karyawan dan manajemen secara ideal.

Hal itu disayangkan karena seharusnya BUMN mampu memberikan contoh hubungan industrial yang baik pada perusahaan swasta di Indonesia. ”Staf Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah mengirimkan surat kepada Menteri BUMN untuk mencoba mencari jalan keluar hubungan yang baik pada beberapa BUMN yang tengah bermasalah dengan karyawan, seperti Bank Mandiri dan PT DOK. Ini harus jadi perhatian serius.”
Demikian ujar Muhaimin seusai pembukaan Musyawarah Nasional IV Serikat Karyawan PT Telkom Indonesia di Bandung, awal pekan ini.

Menurut Muhaimin, beberapa PKB hingga kini belum sepenuhnya dilaksanakan. Bahkan, beberapa kasus pembahasan PKB, seperti yang terjadi di PT DOK Perkapalan Koja Bahari dan Bank Mandiri, belum selesai. Kementerian BUMN harus mencarikan jalan keluar agar masalah hubungan industrial ini segera terselesaikan. Muhaimin optimistis perusahaan-perusahaan milik negara itu bersemangat memberlakukan PKB.

Hubungan industrial di BUMN, tambah dia, harus produktif dan kompetitif. Selain itu, harus dipahami pula oleh semua pihak bahwa saat ini bahwa PKB merupakan sorotan utama industri di luar dan dalam negeri. ”Jika ada penundaan pelaksanaan PKB, harus ada kesepakatan dengan serikat karyawan juga,” kata Muhaimin seperti dilaporkan Kompas.
Ditegaskan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tidak akan menyeragamkan PKB di tiap-tiap BUMN. Hal itu disebabkan tiap perusahaan memiliki filosofi yang berbeda dan disesuaikan dengan kinerja perusahaan.

Terciptanya hubungan industrial yang ideal antara perusahaan dan pekerja, Muhaimin mengingatkan, akan meningkatkan kinerja perusahaan dan iklim investasi.
Muhaimin menandaskan, pemerintah menghargai serikat pekerja yang memberi perhatian terkait persoalan ketenagakerjaan. Khususnya, dalam menciptakan hubungan industrial yang kondusif di perusahaan dan meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan karyawan.

Tags: