Bagaimana Lebih Produktif dengan Facebook?

logo portalhr summit_posting

TOPIKUsing Social Media to Build and Maintain Professional Relationship” menjadi topik pamungkas di hari kedua event PortalHR Summit 2012, yang berlangsung 17-18 April di Jakarta. Topik ini disampaikan oleh Aswin Regawa, Manager Facebook Indonesia.

Aswin pun mengajak para audiens untuk lebih mengenal lebih jauh tentang jejaring sosial Facebook dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia, bahkan dunia. Perwakilan Facebook di Indonesia ini lantas mengupas tuntas mengenai peranan Facebook dalam dunia kerja terutama ketika sebagian besar karyawan adalah pemilik akun di Facebook.

Aswin memberikan penggambaran Fcebook, yang juga menjadi alasan kenapa jejaring sosial ini bisa digemari banyak orang, termasuk di dalamnya tentu saja para karyawan. “Facebook is a place to shout, to post and to know more about employee and the viceversa, employee can see their employer,” begitu diungkapkan Aswin.

Ia juga menambahkan bahwa pada dasarnya orang Indonesia menyukai sharing, sehingga statement, gambar dan video sering mereka post di facebook mereka.

Satu tantangan penting bagi perusahaan, lanjut Aswin untuk memanfaatkan dan menyikapinya dengan bijaksana, karena jika tidak, bukan tidak mungkin facebook menjadi senjata yang mematikan bagi perusahaan. Aswin juga memaparkan, menurut sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat, Facebook justru dapat meningkatkan produktivitas karyawan jika digunakan pada saat yang tepat.

“Aplikasi Facebook yang dibuka karyawan sebagai selingan justru berakibat baik dengan pada produktivitas, lebih baik daripada coffee break yang diberikan kepada karyawan. Facebook dan sosial media lainnya membantu karyawan melepaskan stress dalam bekerja,” tutur Aswin.

Namun Aswin juga mengingatkan, bukan berarti selalu demikian. Facebook jika tidak dipergunakan pada situasi yang tepat justru berakibat buruk bagi perusahaan. Misalnya saja bagi perusahaan yang membutuhkan banyak komunikasi dan bergantung banyak pada koneksi internet. Pernah terjadi suatu kejadian dimana seorang direktur gagal mengirim email karena bandwidth dikonsumsi oleh sebagian besar pengguna Facebook dalam perusahaan tersebut.

Satu kunci yang harus selalu dipegang oleh perusahaan adalah menetapkan kebijakan yang tepat. “Yakni mengenai konten apa yang boleh di-share karyawan, yang berkaitan dengan data perusahaan, juga tentang waktu penggunaan Facebook. Jadi, tidak seharusnya Facebook dilarang dalam perusahaan, tetapi policy yang baik harus dicanangkan untuk mengontrol penggunaannya,” tukas Aswin. (TW)

Tags: , , ,