Baby Boomers Lebih Berani Mengambil Resiko Ketimbang Gen-Y

Siapa bilang gairah hidup baby boomers (generasi yang lahir tahun 1960-an) semakin hari semakin menurun? Ternyata sebuah penelitian menunjukkan bahwa baby boomers lebih memiliki semangat berwirausaha dibandingkan generasi millenium.

Dari 2.828 peserta survei monster.com menyebutkan bahwa 43% dari baby boomers lebih berani mengambil resiko ketimbang generasi x (40%) dan generasi y (28%).

Walau disebut-sebut sebagai generasi kewirausahaan, namun hanya 33% dari gen-y menyebut dirinya sebagai pengusaha, sementara 33% untuk generasi x dan 41% baby boomers setuju bahwa dirinya adalah pengusaha.

Survei telah membuktikan bahwa baby boomers dan generasi x lebih bersedia mengambil resiko ketimbang rekan-rekan mereka yang lebih muda. Sebagian peneliti mengatakan bahwa pekerja gen-y kurang mau mengambil resiko karena mereka melihat pekerjaan hanya sementara.

Hal itu diperkuat dari data yang menunjukan bahwa 55% pekerja gen-y menganggap karir mereka saat ini sebagai batu loncatan. Dan hanya 26% mengatakan mereka akan bertahan di pekerjaan mereka dalam waktu yang lama.

“Survei ini mengungkapkan bahwa semangat kewirausahaan berada dalam diri kita semua, dan seluruh generasi pekerja,” ujar Jeffrey Quin selaku VP dari Global Monster Insight.
“Internet telah menciptakan peluang kewirausahaan yang unik, bukan hanya untuk millenium, tetapi untuk semua generasi,” tambah Dan Schwabel, pendiri Millenial Branding.

Schwabel memiliki pendapat mengapa boomers lebih percaya diri dengan sisi kewirausahaan mereka. “Pengalaman kerja, jaringan mereka yang luas dan berapa banyak uang yang mereka miliki,” lanjutnya.

Dunia bisnis akan membuat generasi muda untuk lebih berpikir berulang kali mengingat status mereka yang belum cukup sejahtera. “Meskipun Anda berpikir bahwa millenium ahlinya teknologi, namun di sisi lain boomers punya uang banyak untuk bisa mempekerjakan seseorang yang ahli teknologi,” tutur Schwabel.

Tags: , ,