“Ask CEO” Cara Engage Generasi Y

Untuk melibatkan (engage) karyawan generasi Y, CEO DBS Bank di Singapura, Piyush Gupta menggunakan sebuah portal anonim bernama “Ask Piyush.”

Melalui portal online yang dibuka selama dua minggu setiap tiga bulan ini, karyawan dapat memberikan saran maupun pertanyaan langsung kepada Gupta. Gupta mengatakan perlu waktu dua bulan baginya untuk menjawab secara personal setiap pertanyaan dan feedback yang diterima.

Gupta mengaku sudah beberapa kebijakan diubah berdasarkan feedback yang diterima melalui sistem tersebut. Dia juga senang semakin banyak karyawan yang mulai meninggalkan namanya ketika memberikan feedback, menandakan meningkatnya kepercayaan.

Gupta memilih berinteraksi dengan karyawan generasi Y melalui media sosial dan platform online karena dia percaya online adalah cara terbaik untuk menjangkau mereka.

Ray Ferguson, regional CEO pada Standard Chartered Bank di Singapura dan Asia Tenggara adalah seorang leader senior lain yang setuju bahwa organisasi harus memberikan perlakukan khusus kepada karyawan muda ini.

Saat ini, 40% ruang di kantor Standard Chartered Bank Changi Business Park dialokasikan sebagai “ruang bergaul,” di mana karyawan dapat berinteraksi dan bermain games bersama yang lain. Bank tersebut juga menyediakan peralatan seperti Apple Ipad untuk memfasilitasi bekerja secara mobile. Ferguson mengatakan karyawan juga dapat menggunakan perangkat lunak berbasis Apple untuk permohonan cuti. Bagi Ferguson, penting untuk memberikan waktu kerja yang fleksibel agar karyawan generasi Y lebih produktif.

Sementara itu Kate Sweetnam menambahkan, seperti dikutip dari majalah Human Resources, penting juga membangun budaya leadership untuk mempersiapkan karyawan muda ini menjadi pemimpin masa depan.

Dia menambahkan, “Berikan perhatian kepada para talent muda ini. Berikan mereka tanggung jawab dan biarkan mereka gagal karena cara terbaik untuk mereka belajar adalah belajar dari kesalahan mereka.”

Tags: ,