Asia HRD Congress 2008 Digelar di Jakarta

Jakarta kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan The Asia HRD Congress setelah pada 2006 lalu dipercaya untuk menggelar perhelatan akbar bagi insan HR tersebut. Sebanyak 47 narasumber akan mengisi hajatan 3 hari penuh ini, dari 22 hingga 24 Juli 2008 di Jakarta Convention Centre.
“Dari 47 pembicara yang kita undang, 10 di antaranya dari Indonesia dan kami berharap acara ini akan diikuti oleh 700 orang, 200 di antaranya dari luar negeri,” ujar Ketua Umum Panitia The Asia HRD Congress 2008 Octa Melia Jalal dalam keterangannya di Kampus PPM Manajemen, Jakarta, Kamis (26/6/08).
PPM Manajemen merupakan mitra yang dirangkul oleh penyelenggara kongres tahunan tersebut, yakni SMR Grosup Malaysia. Ajang ini sudah digelar di Malaysia sejak 1985 dan pada 1996 untuk pertama kalinya diusung ke Indonesia. Tahun ini, untuk kedua kalinya, acara ini kembali ke Jakarta.
“Jadi ini kesempatan yang sangat bagus untuk para praktisi HR di sini karena tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri,” ujar Melia yang juga Direktur Program Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen.
“Saat ini, isu HR bukan hanya milik perusahaan melainkan telah menjadi persoalan nasional,” tambah Direktur Eksekutif PPM Manajemen Tjahjono Soerjodibroto. Ditegaskan, dengan digelarnya kongres ini di Jakarta diharapkan bisa mendorong dunia bisnis dan industri untuk mengenali potensi yang dimiliki.
“Secara potensi tentu kita tidak kalah dibandingkan dengan India atau pun China. Kongres ini dimaksudkan untuk membawa value yang sudah berkembang di negara lain ke Indonesia, sehingga terjadilah transfer knowledge,” ujar Tjahjono.
Sebaliknya, dengan hadirnya para peserta kongres dari luar negeri ke Tanah Air, diharapkan bisa lebih mengenali perkembangan human capital di Indonesia sehingga sepulangnya ke negara masing-masing bisa mempertimbangkan untuk investasi.
Rencananya, kongres akan dibuka oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla dan menampilkan Meneg BUMN Sofyan Djalil sebagai key note speaker. Di antara narasumber asing yang akan berbicara adalah VP Global Training and Consulting SMR USA James Kirkpatric, dan dari Indonesia antara laian Presdit PT Citra Investra Adidana Robby Djohan.

Tags: , ,