APINDO-BPJS Kesehatan Tandatangani MoU, Batas Aktivasi Kepesertaan jadi 30 Juni 2015

bpjs-kesehatan-tabel

bpjs-kesehatan-tabel

Kabar gembira bagi dunia korporasi yang akan memasuki tahun 2015, sebagai batas akhir pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan, karena telah diadakannya kesepakatan antara Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dengan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program jaminan sosial.

Hal ini sebagai tindak lanjut permintaan penangguhan batas waktu implementasi BPJS Kesehatan yang pernah disampaikan APINDO kepada presiden Republik Indonesia.

Baca juga: APINDO minta penangguhan implementasi BPJS

Pada nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Fachmi Idris selaku direktur utama BPJS Kesehatan dan Hariyadi Sukamdani selaku ketua APINDO pada tanggal 22 Desember yang lalu, kedua pihak telah menyepakati beberapa hal terkait batas waktu aktivasi serta sanksi.

Menindaklanjuti hal tersebut, hari ini (24/12) ketua APINDO DKI Jakarta Soeprayitno langsung mengirimkan surat kepada seluruh anggotanya untuk mengabarkan point-point hasil MoU, seperti yang kami terima berikut ini:

1. Pendaftaran Badan usaha bagi peserta dan keluarganya tetap dilakukan selambatnya tanggal 1 Januari 2015 namun sehubungan dengan verifikasi yang diperlukan oleh masing-masing perusahaan maka masa aktivasi diperpanjang sampai dengan 30 Juni 2015.

2. Dalam masa transisi sampai dengan aktivasi JKN BPJS Kesehatan maka bagi perusahaan yang saat ini menyelenggarakan Program Kesehatan Karyawan melalui Asuransi Komersil, Self Insurance harus secepatnya melakukan koordinasi manfaat (COB).

3. Sepanjang perusahaan sudah mendaftar namun belum dilakukan aktivasi oleh BPJS Kesehatan maka ketentuan sanksi belum berlaku sampai dengan 30 Juni 2015.

4. Apabila perusahaan memiliki fasilitas kesehatan untuk karyawan atau praktek dokter di perusahaan maka segera mendaftar agar menjadi Rujukan Provider Tingkat Pertama (RJTP) BPJS Kesehatan.

Untuk keperluan referensi, kami lampirkan Mou APINDO-BPJS tersebut di sini, dan kami juga membuka pertanyaan melalui form konsultasi kami terkait implementasi BPJS yang akan kami teruskan pada para konsultan/pakar yang kompeten menjawabnya. (*/@mei168)

Keterangan foto: Pentahapan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Baca juga: JKN/BPJS? Siapa Takut!