Angkat Kasus Alfamart, Binus University Juarai The 6th PPM Business Case Competition

juara bcc 6th ppm manajemen

Link and match diakui masih menjadi isu penting bagaimana dunia akademisi mampu menjawab tantangan dan kendala yang dihadapi oleh para pelaku industri. Kebutuhan-kebutuhan industri yang tidak bisa diisi dengan cepat oleh output dunia pendidikan nasional, memang masih terus diupayakan solusi terbaiknya. Salah satunyanya adalah inisiatif dari PPM School of Management melalui perhelatan The 6th PPM Business Case Competition 2015. Acara ini merupakan wadah di mana para eksekutif dapat memperoleh berbagai gagasan inovatif dan orisinal dari lingkungan akademis.

juara bcc 6th ppm manajemen

Business Case Competition, adalah event kompetisi tahunan. Di tahunnya yang keenam ini BCC mengusung tema “On ‘Bee’coming The Leader of Indonesian Retail Industry” dan mengandeng PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) seraya mengajak peserta kompetisi yang mahasiswa S1 dari seluruh Indonesia ini untuk menyelesaikan kasus dari Alfamart. Tujuan diselenggarakannya kompetisi ini tak lain untuk mengasah kemampuan penerapan konsep ilmu pengetahuan dalam aplikasi kasus yang berasal dari dunia kerja/ praktek; mengasah kemampuan analisis, kesimpulan dan rekomendasi yang merangsang kreativitas dari para calon Sarjana; meningkatkan wawasan melalui interaksi dengan peserta dari seluruh Indonesia; menyajikan hasil pemikiran pada dewan juri yang mewakili kalangan bisnis dan akademisi terkemuka.

Bagi Alfamart sendiri, tentu akan ada manfaat yang bisa diambil untuk meningkatkan brand image di kalangan mahasiswa sarjana, akademisi dan praktisi di Indonesia. Melalui event Business Case Competition, peserta tidak hanya diuji melalui ketajaman analisa tertulis namun juga akan diuji melalui serangkaian sesi debat di antara finalis, serta presentasi di depan para praktisi bisnis dan akademisi dalam mempertahankan ide-idenya. Total terdapat 105 tim dari 36 Universitas yang berbeda mendaftar mengikuti The 6th BCC. Ini menunjukkan bahwa kompetisi ini sangat diminati oleh para mahasiswa S1 seluruh Indonesia. Mereka membentuk tim yang terdiri dari 3 orang untuk menyampaikan ide-ide yang bukan hanya inovatif, namun juga strategis yang dapat menjadikan Alfamart unggul dari para pesaing.

Di sesi Final (03/12/15) ada 12 tim finalis yang berasal dari Binus University (3 tim), Prasetiya Mulya Business School (3 tim), Universitas Surabaya (2 tim), Universitas Padjadjaran (1 tim), Institut Teknologi Bandung (1 tim), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (1 tim), dan PPM School of Management (1 tim) beradu argumen dihadapan dewan juri demi mempertahankan solusi yang dibawa untuk menangani kasus yang dikompetisikan.

Pada akhirnya The 6th BCC ini menghasilkan, tim Binus University ditahbiskan sebagai Juara 1, disusul dengan Prasetiya Mulya di posisi ke-2, dan ITS sebagai juara 3. Sedangkan Universitas Surabaya menempati ranking ke-4 dan Binus University lainnya di posisi 5. Adapun tim debat terbaik diraih Univeristas Surabaya dan tim tanya-jawab terbaik diraih Prasetya Mulya. (*)