Anggaran Perusahaan untuk Agensi Rekrutmen Akan Makin Turun

Ini sebuah peringatan dini bagi para pengusaha agensi rekrutmen tenaga kerja. Seorang pakar dari Inggris memprediksi, belanja perusahaan untuk agen-agen rekrutmen akan turun kira-kira sepertiga dalam tahun-tahun mendatang.
Direktur Pengelola perusahaan konsultan rekrutmen online 4MAT James Saunders melihat, perusahaan-perusahaan sedang dan besar akan akan mengurangi anggaran mereka untuk agensi online. Dan, mengalihkannya untuk meningkatkan situs-situs rekrutmen in-house.
Tapi, Saunders menegaskan bahwa gejala tersebut bukan berarti lonceng kematian bagi perusahaan-perusahaan agen rekrutmen. “Saya pikir tidak begitu. Kita menggunakan mereka karena mereka memberi banyak pelayanan, menghemat waktu dan tenaga.”
“Saya tidak melihat agensi-agensi itu akan hilang sama sekali, tapi akan berubah menjadi semacam suplemen bagi dunia ketenagakerjaan,” tambah dia.
Di Inggris misalnya, dunia bisnis kehilangan hampir separo tenaga kerja setiap tiga tahun, dan tren tersebut berdampak pada pertumbuhan secara cukup signifikan website-website rekrutmen online. Sebuah survei yang dilakukan perusahaan rekrutmen online Noras menemukan, lebih dari tiga perempat pencari kerja kini berpaling ke internet.
Kembali ke Saunders, dia juga mengarakan bahwa perusahaan-perusahan dengan tingkat pengakuan brand yang bagus kini mulai mendekati model rekrutmen melalui website yang mereka bangun sendiri.
“Perusahaan-perusahaan besar kini bilang, <I>kami memiliki nama yang lebih besar ketimbang kebanyakan perusahaan rekrutmen, jadi mengapa tidak kami bangun sendiri saja website seperti milik mereka untuk menjaring kandidat yang sama? Kami akan mengandalkan brand kami, tapi menggunakan teknik mereka</I>,” ujar Saunders.

Tags: