Ahli Strategi Pemasaran Online, Posisi Paling Dicari

Pertumbuhan ekonomi Indonesia belakangan ini telah membuka kesempatan luas bagi para investor untuk melebarkan bisnisnya. Dampaknya ternyata juga berpengaruh kepada para profesional HR, di mana mereka harus pandai-pandai mempertahankan karyawan terbaiknya dari peluang kesempatan kerja yang semakin besar.

Karena itu menurut Haryo Suryosumarto perhatian HR pada tahun 2013 ini adalah employee retention. “Topik yang akan menjadi concern utama para praktisi HR di tahun 2013 ini menurut saya adalah employee retention,” ujar founder dan Managing Director PT Headhunter Indonesia itu.

“Karena seiring dengan kondisi ekonomi makro Indonesia yang seperti diprediksi para pengamat masih akan berkisar di angka pertumbuhan 6% sampai dengan akhir tahun, tentunya membuka juga pertumbuhan kesempatan kerja yang semakin luas kepada para profesional dengan masuknya para investor, baik investor lokal maupun asing,” lanjut Haryo.

Persaingan ketat itu juga akan mengakibatkan para praktisi HR perlu berpikir keras untuk mencari pengganti talent terbaik mereka. “Karena topik permasalahannya adalah kesempatan kerja tersebut sebagian besar justru terbuka untuk para profesional yang sudah berpengalaman kerja. Hal inilah yang membuat tantangan bagi banyak perusahaan untuk mempertahankan karyawan, khususnya yang berprestasi menjadi semakin besar,” tutur Haryo.

Sementara berbicara talenta terbaik, Haryo memprediksi bahwa profesi yang akan semakin banyak dicari di tahun 2013 adalah online marketing strategist. “Dengan melihat semakin maraknya social media sebagai sebuah medium baru bagi banyak perusahaan (khususnya yang bergerak di sektor B2C) untuk menjalin komunikasi yang lebih intens dengan para pelanggannya, maka profesi online marketing menjadi semakin sering dicari,” ujar Haryo.

Menurut Haryo sebelumnya hampir semua aktivitas yang terkait dengan online marketing lebih banyak dialihdayakan ke pihak ketiga atau agensi, tapi dengan alasan efisiensi biaya dan waktu, akhirnya makin banyak perusahaan yang membuat fungsi pekerjaan ini menjadi fungsi in-house.

Pernyataan ini juga menguatkan bahwa social media juga akan menjadi aspek baru yang akan terus berkembang menjadi profesi yang semakin dibutuhkan. Untuk itu Haryo menghimbau pentingnya meningkatkan kemampuan social media saat ini.

“Saat ini masih sangat sedikit profesional Indonesia di bidang online marketing strategy yang menguasai secara menyeluruh konsep internet marketing, online branding, interactive customer relations, public relations, atau search engine optimization (SEO),” ujar Haryo.

Padahal menurutnya gaji yang ditawarkan untuk profesi online marketing ini cukup menggiurkan. “Gaji yang ditawarkan juga cukup menggiurkan, karena bagi seorang Online Marketing Strategist yang berpengalaman bisa mendapatkan kompensasi antara Rp 20-35 juta per bulan,” ungkap Haryo. Anda tertarik? (*/@nurulmelisa)

Tags: ,