Ada Formula Total Reward di PortalHR Summit!

logo portalhr summit_posting

PEMBERIAN reward kepada karyawan merupakan salah satu strategi menjaga para talent di organisasi agar tidak mudah terbujuk keluar. Naa Boon Chong, Managing Director Talent and Reward, Southeast Asia, AON Consulting, salah satu pembicara dari Singapura di ajang PortalHR Summit 2012 memaparkan strategi jitu dalam merancang total reward bagi karyawan.

Naa menjelaskan, total reward didefinisikan sebagai segala sesuatu, baik tangible maupun non-tangible yang dapat diberikan oleh perusahaan kepada karyawan untuk memotivasi kerja mereka. Lalu bagaimana cara menetapkan reward yang tepat?

Naa mengingatkan bahwa perlu diingat bahwa reward yang efektif tidak selalu berupa cash, dan formulasi reward tersebut harus disusun berdasarkan banyak hal di antaranya lain usia, apakah karyawan termasuk Gen X atau Gen Y, juga berpedoman pada lifecycle dari keseluruhan karyawan.

“Kenali juga karakterdari karyawan, misalnya apakah karyawan anda adalah tipe pleasure seeker, want it all, life to work, work to live, atau karyawan yang mendambakan work-life balance. Saatnya perusahaan melakukan penyesuaian mendalam,” terangnya.

Naa juga menjelaskan bahwa banyak reward yang gagal menumbuhkan employee engagement. Apa yang menyebabkan kegagalan tersebut?

Menurut Naa, kegagalan tersebut dipicu oleh konsentrasi perusahaan yang hanya fokus kepada cost, competitiveness, dan compliance. “Yang menjadi penyebab lainnya adalah kecenderungan perusahaan melihat reward ini sebagai sebiuah project,” imbuhnya.

Naa menambahkan, dua hal tersebut sangat mempengaruhi kegagalan reward selain tiga penyebab lainnya seperti, control yang terlalu menekan, skema reward yang belum teruji dan yang terakhir adalah tipe reward yang tidak tepat untuk karyawan-karyawannya. (TW)

Tags: , , ,