8 Tren dalam Rekrutmen dan Retensi 2008

Awal tahun, biasanya orang membuat berbagai prediksi untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi setahun mendatang. Dalam bidang HR, meramalkan kecenderungan dalam isu rekrutmen dan retensi penting untuk dilakukan mengingat pada 2008 ini persaingan di pasar tenaga kerja akan makin sengit.

CareerBuilder.com telah merilis hasil survei terbaru mereka, yang dilakukan bersama Harris Interactive, yang memproteksikan tren dalam aktivitas hiring pada 2008 ini. Survei bertajuk “The 2008 Job Forecast” tersebut melibatkan 3.016 manajer hiring dan profesional HR dari perusahaan-perusahaan sektor privat.

Survei berhasil mengidentifikasi 8 kecenderungan dalam rekrutmen dan retensi untuk 2008, sebagai berikut:

1. Gaji dan tunjangan tunai yang lebih besar. Sebesar 80% responden berharap, tahun 2008 bermakna kenaikan gaji dan tunjangan. Di antara mereka yang memiliki harapan tersebut, 64% mengatakan, kenaikan itu minimal 3%. Namun, 17% responden lainnya lebih optimis dengan menyebut angka 5% atau lebih.

2. Munculnya peraturan-peraturan yang memungkinkan fleksibilitas kerja.
Tak kurang dari 60% manajer mengaku tengah merencanakan untuk memfasilitasi “flexible work” umumnya berupa penyediaan jadwal (kerja) alternatif, perampingan pekan kerja atau pun kerja jarak jauh.

3. Makin dimanfaatkannya pemeriksaan online atas kandidat karyawan.
Tidak hanya bermaksud mengetahui kualifikasi-kualifikasi pre-aplikasi, jajaran pemimpin perusahaan juga akan semakin memperhatikan situs-situs jaringan sosial dan mengecek search engine untuk memantau kandidat.

4. Di-hire-nya kembali para pensiunan.
Barangkali terdengar agak ganjil, dan meskipun prosentasenya tergolong kecil, namun tren ini akan terjadi. Perusahaan yang merasa telah kehilangan banyak tenaga kerja berpengalaman, akan cenderung me-hire kembali para pensiunan dari perusahaan lain setidaknya ini dikatakan oleh 21% responden. Sedangkan, 14% lainnya berencana menyediakan berbagai insentif bagi karyawan yang telah mendekati usia pensiun agar bersedia memperpanjang masa kerjanya.

5. Meningkatkan keragaman karyawan.
Jika Anda menguasai dua bahasa atau lebih, bersiaplah, Anda akan “laku” di berbagai perusahaan.

6. Karyawan lepas atau kontrak akan terus menjadi bagian dari elemen penting ketenagakerjaan, dengan 31% kaum manajer sedang mengatisipasi hubungan kerja dengan para tenaga lepas atau kontrak.

7. Program benefit akan semakin mendapat perhatian pihak perusahaan sebagai upaya untuk memenangkan kompetisi dalam menarik dan mempertahankan karyawan.
Dalam hal ini, 19% responden melaporkan, perusahaan tempat mereka bekerja akan meningkatkan tunjangan kesehatan pada 2008, dan 10% berencana menambah bonus, voucher diskon, mobil dinas, pembagian saham, biaya perawatan anak, reimbursement.

8. Satu dari 4 (atau 26%) perusahaan yang disurvei akan menyediakan lebih banyak promosi dan kesempatan kenaikan karir pada 2008.
Lebih dari separo karyawan mengatakan bahwa kemampuan perusahaan untuk memberikan kemajuan karir bagi karyawan lebih penting ketimbang gaji.

Tags: