77 % Karyawan Indonesia Mendapat Training Tahun Ini

jeremy blain

Hasil polling yang dilakukan Cegos Group dan STADA menemukan hasil yang menggembirakan. Temuan ini dirilis kemarin (31/10) di sela-sela acara ASTD-STADA Asia Pasific (ASAP) Conference di Singapura.

Polling yang dilakukan terhadap 2,639 karyawan (termasuk di antaranya 439 praktisi HR) di 9 negara Asia Pasifik itu menemukan, antara lain, bahwa selama 1 tahun terakhir, terdapat peningkatan minat terhadap kegiatan pelatihan di Asia Pasifik. Secara khusus Indonesia tercatat sebagai negara yang menunjukkan komitmen paling kuat terhadap learning & development, dan sebanyak 77% dari karyawan Indonesia yang disurvey menerima pelatihan dalam 12 bulan terakhir.

“Riset ini juga menemukan betapa para karyawan sangat eager untuk belajar dan mengembangkan dirinya, sehingga sebagian besar berusaha mencari sumber pengetahuan tidak hanya dari perusahaan, tetapi dari sumber luar,” ujar Jeremy Blain, Managing Director Cegos Asia Pacific kepada PortalHR.com.

Riset tersebut menemukan, hanya 1 dari 10 karyawan yang mencari informasi tentang pelatihan melalui HRD atau departemen training di perusahaan. Sisanya berusaha mencari sumber sendiri atau datang kepada Line Manager.

“Di satu sisi hal ini baik karena menunjukkan minat yang besar dari karyawan untuk belajar dan mengembangkan diri. Tetapi di sisi lain hal ini juga menunjukkan ketidakmampuan perusahaan untuk menyediakan program pengembangan diri yang dibutuhkan karyawan,” tambah Jeremy.

Penelitian ini juga menemukan bahwa kini lebih banyak karyawan Asia Pasifik yang menerima pelatihan dibandingkan karyawan di Eropa, serta masih banyak data menarik lainnya yang akan kami tampilkan pada kesempatan berikutnya di portal ini. (*/@mei168)

Tags: , , ,