7 Cara Social Media Mengubah HR

Ketika kita berbicara dengan orang bisnis dewasa ini—demikian pula dengan orang HR—topik terhangat adalah media sosial (social media). Ada yang menganggap media sosial hanya main-main, sementara yang lain menganggap media sosial mendatangkan dampak yang sangat besar.

Menurut Dr. John Sullivan, HR strategist dan pakar talent management selama lebih dari 30 tahun, social media bukanlah main-main. Menurut Dr. John seperti dalam video di situs TLNT.com ini, media sosial akan mengubah cara kita berbisnis dan “mungkin merupakan perubahan paling penting di abad ini bila berkaitan dengan HR.”

Berikut ini adalah 7 cara menurut Dr John bagaimana media sosial mengubah HR:

1. Rekrutmen— media sosial memungkinkan kita berhubungan dengan orang-orang (termasuk kandidat potensial) dan membangun hubungan, membangun referensi, dan membangun komunitas berdasarkan talent.

2. Best practice sharing — karena jejaring sosial internal maupun external memungkinkan orang-orang untuk saling berbagi best practice dalam skala global.

3. Learning — karena orang-orang dapat mengirimkan pertanyaan secara online, atau melakukan pencarian di Google, dan mendapatkan “ratusan jawaban dari ratusan orang” secara instan tanpa perlu mencari buku teks atau menelepon seorang pakar.

4. Mengidentifikasi talent untuk pengembangan (succession planning) — media sosial memungkinkan kita mengidentifikasi potensi-potensi tinggi dan para pemimpin, bahkan secara remote (tidak harus bertemu langsung)

5. Inovasi — karena media sosial mendukung lebih banyak kolaborasi antara orang-orang dalam team yang sama dan tidak perlu berada dalam lokasi yang sama.

6. Mengidentifikasi masalah di tempat kerja — platform media sosial seperti Twitter dan  Facebook dapat menjadi alat pendeteksi awal masalah di kantor oleh HR dan dapat diselesaikan sebelum masalah tersebut membesar.

7. Competitive Intelligence — Linkedin memberi kita kemungkinan menelusuri perusahaan apa yang ditinggalkan karyawannya, ke perusahaan mana mereka pergi, dan apa yang sedang dibutuhkan pasar saat ini.

Tags: