50 Perusahaan Terkemuka Meriahkan World Career 2006

Sebanyak 50 perusahaan terkemuka dari berbagai bidang industri, termasuk PT HM Sampoerna, Prudential dan Bank DBS Indonesia tampil memeriahkan World Career 2006. Digelar di Sporthall Universitas Atmajaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis-Jumat ((21-22/9/06), ajang yang diklaim sebagai the biggest university job fair ini menarik perhatian kalangan fresh graduate di Jakarta dan sekitarnya.
Acara dibuka mulai pukul 09.00 WIB dan sepanjang hari diwarnai dengan berbagai kegiatan. Sejumlah perusahaan, untuk lebih menarik perhatian pengunjung, secara khusus menggelar presentasi. Sedangkan perusahaan yang lain mengadakan wawancara langsung di tempat kepada para pelamar. Ada juga yang menyelenggarakan tes potensi, seperti dilakukan lembaga pendidikan Bahasa Inggris EF, dan PT Dharma Polimetal.
Selebihnya, kegiatan utama yang tampak adalah membagi-bagikan formulir aplikasi. Para pelamar mengisinya di tempat dan menyerahkannya kembali pada perusahaan yang bersangkutan untuk diproses. Lowongan yang ditawarkan beragam, dari posisi yang mungkin kurang begitu populer di masyarakat seperti Reward Analyst sampai yang umum seperti marketing dan salesman.
Menurut HR Manajer PT HM Sampoerna Monika Swandayanie dalam presentasinya, keikutsertaan perusahaan rokok yang berkantor operasi di Surabaya itu merupakan bagian dari rekrutmen untuk tahun depan. “Jadi, lamaran yang masuk akan kita bawa ke Surabaya untuk kita proses. Pemanggilan akan dilakukan tahun depan karena rekrutmen fresh graduate untuk tahun ini sebenarnya sudah selesai, jadi yang sekarang ini untuk rekrutmen tahun depan,” kata Monika seraya menambahkan, setiap tahun Sampoerna memang menggelar rekrutmen untuk para lulusan baru.
Gelaran yang memungut Rp 25 ribu untuk tiket masuk pengunjung itu menarik perhatian kalangan pencari kerja tidak hanya dari Jakarta, tapi juga kota-kota lain seperti Tangerang dan Bandung. Namun, karena lokasinya di dalam Kampus Atmajaya, maka sebagian besar pengunjungnya memang alumni universitas tuan rumah. Bahkan, tampak beberapa mahasiswa semester awal yang mendatangi stan demi stan dan menanyakan, apakah ada lowongan untuk yang belum lulus.

Tags: ,