3 Perusahaan Ini Sabet Jawara MAKE Study 2015

Make Award 2015

AJANG Most Admired Knowledge Entreprise (MAKE) Study kembali digelar di 2015 ini. Tiga perusahaan telah dinobatkan sebagai pemenang MAKE Study 2015 dengan memperoleh nilai agregat tertinggi untuk pengelolaan ilmu pengetahuan di organisasi.

Di Indonesia, MAKE Study ini digelar oleh Dunamis Organization Service. Acuan MAKE Study 2015 dilakukan melalui penelitian yang melibatkan 23 panelis, dimulai sejak Maret 2015 dengan menjaring 39 nominees yang merupakan perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia yang menerapkan pengelolaan ilmu pengetahuan terbaik.

Di level global, penelitian ini telah dimulai sejak tahun 1998 oleh salah satu lembaga penelitian mandiri bernama Teleos, yang kemudian di Indonesia, diinisiasi oleh Dunamis pada 2005. Tema yang dipakai tiap tahun pun berbeda-beda. Tahun ini, seiring dengan situasi ekonomi yang semakin tidak tertebak, MAKE Study mengusung tema, “Winning the Competition in the Creative Economy”.

“Tren MAKE Study di dunia berfokus pada creative process dan creative employees. Bagaimana perusahaan dapat meningkatkan kemampuan dan kapabilitas karyawannya terutama ketika perusahaan dituntut untuk adapatif terhadap berbagai perubahan,” ungkap Robby Susatyo, Chairman Indonesian MAKE Study 2015.

Make Award 2015

Dengan mengusung tema tersebut, maka perhelatan penghargaan pemenang MAKE Study 2015 yang diadakan di Financial Hall Graha Niaga pada Kamis (13/08) menghadirkan tiga pembicara dari tiga organisasi yang berbicara tentang pemanfaatan pengetahuan sebagai bahan bakar dari proses kreatif. Ery Punta, pembicara pertama yang merupakan AVP Convergence Strategy & Innovation Value dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang berbicara mengenai dampak besar dari pengetahuan.

Tampil sebagai pembicara kedua, Suryani Motik dari Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI),  yang juga merupakan Project Director WeConnect Indonesia. Suryani berbagi issue mengenai aplikasi knowledge-based economy terhadap pemberdayaan perempuan di dunia usaha. Tri Warsono Sunu, GM Human Capital PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk melengkapi sebagai pembicara ketiga dengan bercerita tentang pemanfaatan pengetahuan yang berasal dari pihak eksternal oleh perusahaan retail yang memiliki cabang di hampir seluruh kota-kota di Indonesia.

Pada puncak acara, diumumkan 9 dari 17 finalis yang berhak menjadi pemenang MAKE Study 2015. Kesembilan perusahaan tersebut antara lain:

1) PT Astra Honda Motor

2) PT Bank Central Asia Tbk

3) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

4) Binus University

5) PT Pertamina (Persero)

6) PT Rekayasa Industri

7) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

8) PT Tower Bersama Infrastructure Tbk

9) PT United Tractors Tbk

Dari kesembilan organisasi tersebut, dipilih lagi 3 perusahaan dengan agregrat nilai terbaik untuk mewakili Indonesia mengikuti MAKE Study ASEAN 2015. Ketiga perusahaan tersebut adalah:

1) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

2) PT Pertamina (Persero)

3) PT United Tractors Tbk

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,