2012 Ini, 75% Pebisnis Siap Rekrut MBA

graduation-pictures

ANGIN segar berhembus untuk para lulusan yang memegang gelar master. Hasil survei baru-baru ini menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja di tahun 2012, akan didominasi rekrutmen untuk para lulusan paska sarjana.

Membaca peta bisnis di tahun 2012, bisa diintip dari bagaimana para perusahaan melakukan rekrutmen. Paling tidak, hasil survei berikut ini memberikan gambaran tersebut. Penelitian ini didasarkan atas survei terhadap 229 manajer di 216 perusahaan di seluruh dunia.

Menurut Graduate Management Admission Council, hampir tiga perempat dari bisnis berencana untuk merekrut para lulusan MBA, naik dari 58% pada 2011. Selain itu, persentase perusahaan mengharapkan untuk meningkatkan jumlah posisi yang tersedia untuk lulusan manajemen baru, mayoritas tersedia bagi mereka yang bergelar MBA.

Studi ini menemukan bahwa 59% pebisnis mengharapkan untuk mempekerjakan calon karyawan dengan gelar master khusus, naik dari 38% tahun lalu, dan 51% diantaranya berniat menambah kandidat master dalam bidang manajemen, naik dari 36% dibanding tahun lalu.

Rebecca Estrada, manajer penelitian survei, mengatakan penelitian ini menunjukkan 2012 menjadi tahun di mana perusahaan lebih serius untuk melakukan rekrutmen. “Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan telah mendorong untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas, memperluas basis pelanggan, dan meluncurkan produk baru, sementara pada saat yang sama mengurangi biaya dan mengatasi tantangan ekonomi,” kata Estrada sambil menambahkan, “Pada titik tertentu, perusahaan harus mempekerjakan mereka untuk memenuhi tujuan baru mereka.”

Dari perusahaan yang akan merekrut MBA, penelitian menunjukkan 32% berencana untuk meningkatkan gaji dasar. Sekitar seperempat dari perusahaan berencana untuk mempekerjakan lulusan dengan gelar master di bidang manajemen atau master khusus di bidang bisnis dan berharap untuk meningkatkan gaji dasar tahunan untuk karyawan baru di tahun ini.

Penelitian juga menunjukkan, hampir 70% dari perusahaan yang disurvei berencana untuk menawarkan magang yang dibayar kepada mereka dengan gelar MBA. Bahkan, sebanyak 22% diantaranya akan meningkatkan jumlah magang yang bisa ditawarkan. Are you ready? (*)

Foto: graduationpictures.org

Tags: