Mengembangkan SDM Melalui Cara Berpikir dan Bertindak

emergenetics

“Teamwork is so important that it is virtually impossible for you to reach the heights of your capabilities or make the money that you want without becoming very good at it.” –Brian Tracy, entrepreneur

Efektivitas kerja tim kerap menjadi tantangan HR dalam meningkatkan performa perusahaan melalui kinerja karyawan. Pola pikir anggota tim yang berbeda boleh jadi salah satu cara. Hal ini menjadi sangat krusial bagi perusahaan yang ingin menyajikan jasa terbaiknya untuk para kliennya. Lincoln Financial Group (Lincoln) misalnya, merupakan perusahaan terkemuka yang menerapkan komitmen dan aktif fokus pada terciptanya budaya dan lingkungan kerja di mana karyawan secara kolaboratif dan strategis berkontribusi dengan cara yang terbaik untuk memajukan perusahaan.

Untuk memfasilitasi model ini, Lincoln melibatkan pengembangan program kepemimpinan yang mencakup banyak aspek penting dalam memperkuat kepemimpinan, membangun dan memperkuat tim.

Lincoln mengembangkan empat Faktor Sukses Kritis sebagai dasar untuk budaya perusahaan dan kinerja yaitu, menemukan orang yang tepat bagi manajemen dan tim, menekankan kepemimpinan yang dapat bekerja dengan produktif di semua level, terbentuknya teamwork, memperkuat proses untuk meningkatkan efektivitas.

Dengan memanfaatkan Emergenetics® sebagai dasar untuk kinerja pribadi dan tim, Lincoln membangun budaya perusahaannya yang diperkuat dengan inovasi dan kreatifitas. Misalnya, Emergenetics® membangun efektivitas interpersonal yang menyadari pentingnya kekuatan tim berdasarkan profil Emergenetics® yang beragam, dan juga Emergenetics® sebagai bagian budaya perusahaan yang integral.

Emergenetics® merupakan instrument pembuat profil berbasis penelitian ilmiah dengan mengindikasikan cara berpikir individu secara genetik (genetic)  dan bertindak dengan cara tertentu. Cara berpikir dan bertindak tersebut dapat berubah (emerge) akibat faktor sosial/lingkungan yang terjadi dalam kehidupan seseorang.Kombinasi dari genetika dan pengalaman hidup ini terjalin dan membentuk pola yang dapat dikenal yang dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi dan produktivitas.

“Melalui pelatihan berbasiskan Emergenetics® disadari bahwa betapa pentingnya mempunyai semua jenis profil di dalam sebuah tim,” kata Bob Culver, Vice President of Business Strategy and Learning Lincoln.

Dikembangkan oleh Dr Geil Browning, Ph.D. dan Dr Wendell Williams, Ph.D. setelah melakukan penelitian yang melibatkan lebih dari 300.000 orang dewasa, Emergenetics® memberikan gambaran mendalam tentang kombinasi preferensi berpikir dan atribut perilaku (silakan lihat gambar di bawah ini).

Profil Emergenetics® memberikan informasi tentang empat atribut cara berpikir (Analitikal, Struktural, Sosial, Konseptual) dan tiga atribut perilaku (Ekspresi, Asertif, Fleksibilitas).Hal ini merupakan hasil dari penelitian dan praktek selama 23 tahun terakhir. Adapun informasi tentang atribut cara berpikir dan atribut perilaku sebagai berikut:

– Cara Berpikir Analitis (diwakili oleh warna biru) bersifat logis, rasional, objektif, faktual, dan tidak mudah percaya.

– Cara berpikir Struktural (diwakili oleh warna hijau) bersifat praktis, berhati-hati, mudah untuk ditebak, dan memakai metoda tertentu.

– Cara berpikir Sosial (diwakili oleh warna merah) bersifat simpatik, menjaga hubungan (connected), berkesadaran sosial /socially aware, dan intuitif terhadap orang lain.

– Cara berpikir Konseptual (diwakili oleh warna kuning) bersifat imajinatif, kreatif, inovatif, mengandung visi masa depan /visioner, dan intuitif terhadap gagasan.

– Perilaku Ekspresif menunjukkan seberapa besar minat seseorang terhadap orang lain dan dunia di sekitarnya.

– Perilaku Asertif menunjukkan seberapa besar energi yang dikeluarkan oleh seseorang dalam mengutarakan /communicating pemikiran, keyakinan dan perasaan.

– Fleksibilitas adalah kesediaan kita untuk memberikan ruang (akomodasi) pada pemikiran dan tindakan orang lain dan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh orang lain.

 

Organisasi yang menggunakan Profil Emergenetics® terbukti mampu membentuk tim lebih produktif, meningkatkan pemahaman dan mengurangi konflik di antara rekan kerja, menjamin kualitas pekerjaan yang lebih baik dan juga pengembangan solusi yang lebih efektif atas sebuah masalah. Individu yang mengenali dengan baik atribut cara berpikir dan perilaku mereka, biasanya dapat berkomunikasi, memiliki kemampuan menjual, melakukan presentasi, mengajar dan memotivasi orang lain dengan lebih efektif.

Dengan perantaraan Emergenetics®, akan ditemukan kekuatan yang dimiliki oleh setiap individu selaku anggota team dan kekuatan mana yang berhubungan dengan energi yang paling besar.  Jika kekuatan tersebut dimanfaatkan dengan baik, maka setiap individu mampu bekerja lebih lama tanpa kehabisan energi.

Emergenetics® telah diterapkan baik oleh perusahaan, pemerintahan dan universitas di dunia seperti Bank of America, USA Mercer Asia Pacific, Western Union, USA, Ogilvy PR Asia Pacific, US Air Force, Singapore Tourism Board, City of Charlottesville, Denver International Airport, National University of Singapore, John Hopkins University, University of Colorado.

Kini Emergenetics® juga telah diaplikasikan oleh perusahaan di Indonesia seperti Bakrie Group, PT Mahadana Dasha Utama dan PT Freeport Indonesia. (ADV)

Tags: , ,